5 Makanan Yang Bisa Memicu Mudah Lelah

5 Makanan Yang Bisa Memicu Mudah Lelah

Sehatbeja - Penyebab kelelahan bukan hanya karena kurangnya tidur, atau karena aktifitas sehari-hari seperti pekerjaan saja, tapi bisa juga disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi.

Sebagaimana yang kita ketahui, makanan adalah sumber energi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Maka memilih makanan yang tepat supaya tubuh tetap bugar dan produktif untuk menjalani aktifitas sehari-hari sangatlah penting, terurama ketika berencana untuk melakukan perjalanan panjang.

Baca juga :



Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi karena bisa memicu kelelahan. Makanan apasajakah itu ?

Berikut adalah 5 makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi :


1. Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan vitamin B6, yang berguna untuk membuat melatonin (hormon tidur). Maka dari itu, sebaiknya ketika memulai beraktifitas sehari-hari jangan mengonsumsi ikan salmon. Selain ikan tersebut, hindari juga jenis iklan yang memiliki vitamin B6 lainnya, seperti halibut, atau tuna.

2. Buah Pisang

Meskipun pisang merupakan camilan sehat yang mudah diserap oleh tubuh, namun pisang juga dapat menurunkan energi Anda sepanjang hari. Ini karena buah pisang tinggi akan magnesium yang berguna untuk merileksasi otot-otot. Sehingga jika seseorang memakan buah ini dapat membuat seseorang mudah merasakan kantuk dan menciptakan keinginan untuk tidur yang besar.

3. Roti putih

Makanan berdasar tepung putih ini mengandung karbohidrat dengan indeks glikemik yang cukup tinggi, sehingga tidak dianjurkan sebagai menu makanan utama. Pasalnya makanan tersebut tidak mengandung banyak serat, sehingga tubuh akan cepat memprosesnya. Sehingga pada akhirnya tubuh tidak akan mendapat energi yang cukup lama. Selain itu, kadar gula di dalamnya juga dapat menyebabkan kantuk.

Selain roti putih, makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi juga dimiliki oleh nasi putih, pasta, muffin, dan makanan olahan lainnya. Untuk mendapatkan energi yang lebih baik, sebaiknya konsumsi roti gandum dan nasi merah untuk mendapat energi yang lebih baik.

4. Gorengan

Selain menimbulkan rasa yang tidak nyaman di perut, makan gorengan juga akan memicu rasa haus berlebih. Kandungan lemak dalam gorengan membuat metabolisme tubuh melambat. makanan ini juga merupakan makanan yang sulit dicerna, sehingga tubuh memerlukan energi yang cukup banyak untuk menyerna makanan ini, dan pada akhirnya tubuh akan mudah merasa lelah karena energi dalam tubuh telah terkuras dalam proses penceraan.

5. Minuman berkafein

Bagi sebagian orang, mengonsumsi minuman seperti kopi, soda, dan minuman energi mampu melawan rasa lelah. Namun harus diperhatikan juga kandungan gas yang terkandung didalamnya, karena bisa sebabkan rasa tak nyaman di perut.

Sementara itu, jika yang tidak terbiasa mengonsumsi kafein, justru akan menimbulkan dampak buruk, Seperti sakit kepala dan mudah emosi.

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post